Penyakit Kolesterol Tinggi

Diposting oleh Unknown on Kamis, 21 Maret 2013
penyakit kolesterol tinggi
Salam sehat dari kami blog info seputar penyakit, saat ini akan berbagi info tentang penyakit kolesterol tinggi. Jika seseorang mengalami kolesterol tinggi maka dia berpotensi untuk menderita penyakit lain yang cukup berbahaya seperti jantung koroner dan stroke. Lalu apa sih sebenarnya kolesterol itu? kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dihasilkan dari dalam tubuh sebanyak 80% oleh organ hati dan 20% sisanya di dapat dari zat makanan yang masuk kedalam tubuh, jadi sebagian besar kebutuhan kolesterol sudah dapat terpenuhi oleh tubuh.

Fungsi Atau Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh Cukup Banyak Seperti:

  1. Membantu Pekembangan janin selama masa kehamilan Saat janin dalam kandungan kolesterol membantu meningkatkan perkembangan kesehatan embrio dengan cara merangsang aktifitas dari gen spesifik sehingga sel-sel embrionik terspesialisasi menjadi bagian-bagian tubuh, seperti lengan, kaki, tulang belakang dan sebagainya
  2. Membantu mengoptimalkan perkembangan otak pada bayi Kolesterol diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi & berperan dalam pembentukan jaringan saraf otak bayi yang sedang berkembang. Salah satu sumber nutrisi bayi yang kaya kolesterol adalah ASI (Air Susu Ibu)
  3. Bahan baku hormon dalam tubuh Kolesterol digunakan oleh tubuh Kita untuk mensintesis senyawa sterol lainnya, seperti hormon kortisol, hormon testosteron, serta mensintesis vitamin D yang larut dalam lemak.
  4. Komponen utama membran sel Sel yang menyusun tubuh manusia membutuhkan kolesterol yang berfungsi menjaga integritas sel, tanpa kolesterol membran sel akan kering dan seluruh isi sel keluar kemudian sel akan mati.
  5. Merangsang pembentukan sinaps di otak Sekitar 90 persen sel-sel di otak manusia merupakan sel-sel non-saraf yang disebut sel glial. Sel-sel glial mengandung kolesterol dan kolesterol itulah yang membuat sel-sel glial dapat mensekresi molekul (yang disebut apolipoprotein E atau apoE) yang menstimulasi pembentukan sinaps. Sinaps yang ada di otak memungkinkan terjadinya pertukaran informasi di antara sel-sel saraf.
  6. Membuat manusia bisa berfikir Komposisi dari otak adalah adalah 78% terdiri dari air, 8% protein, 1% Karbohidrat, 3% komponen organik dan anorganik, dan sisanya adalah lemak didalamnya terdapat kolesterol. Tanpa kolesterol, maka otak tidak bisa mengirimkan pesan yang menggerakkan seluruh organ di tubuh Kita dan juga akan membuat Kita jadi tidak bisa berpikir.
  7. Membantu proses pencernaan Proses pencernaan lemak dibantu oleh senyawa empedu, empedu dapat membuat lemak di saluran pencernaan teremulsifikasi hingga dapat dicerna dan diserap saluran pencernaan. Empedu sendiri dibuat dari kolesterol sebagai bahan dasarnya.


Bagaimana Kolesterol Bisa Tinggi?

Seperti disebutkan di awal kebutuhan kolesterol sebanyak 80% sudah tepenuhi dari dalam tubuh yang  diproduksi oleh organ hati. Kolesterol meningkat menjadi tinggi jika asupan makanan terlalu banyak mengandung kolesterol jenis low density lipoprotein (LDL) yang memiliki sifat mudah menempel pada  dinding pembuluh darah. Lalu makanan jenis apa yang mengandung kolesterol itu? berikut beberapa jenis makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi :
  • Telur puyuh mengandung kolesterol 3.640 mg
  • Otak sapi mengandung kolesterol 2.300 mg
  • Kuning telur mengandung kolesterol 2.000 mg
  • Cumi-cumi mengandung kolesterol 1.170 mg
  • Jeroan sapi mengandung kolesterol 380 mg
  • Mentega atau margarin mengandung kolesterol 300 mg
  • Susu sapi mengandung kolesterol 250 mg
  • Santan kelapa mengandung kolesterol 185 mg
  • Kerang, udang mengandung kolesterol 160 mg
  • Daging sapi mengandung kolesterol 105 mg
  • Daging kambing mengandung kolesterol 70 mg.

Jika jenis makanan tersebut sering dikonsumsi maka akan menyebabkan penyakit kolesterol tinggi, kadar kolesterol darah yang tinggi bisa memicu timbulnya penyakit yang lain seperti jantung koroner disebabkan menempelnya kolseterol dalam dinding pembuluh darah yang mengakibatkan penyempitan pada arteri koroner. Penyakit stroke juga bisa terjadi akibat kolesterol tinggi yang mengakibatkan terhentinya pasokan darah ke otak untuk sementara waktu akibat adanya penyampitan pembuluh darah ke otak.

Pengobataan Penyakit Kolesterol Tinggi

Cara paling sederhana untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah hindari makanan yang tinggi kadar kolesterolnya dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat secara teratur seperti sayur dan buah-buahan, konsumsi asam lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan laut. Banyak melakukan olah raga secara teratur minimal 30 menit perhari, hindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok.

Sebagai info tambahan kini telah tersedia obat herbal yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami dari dalam tubuh yang terbuat dari jus kulit manggis dan ekstrak daun sirsak sangat aman untuk dikonsumsi karena menggunakan bahan murni dari alam Nusantara sehingga dihasilkan obat kolesterol Ace Maxs.

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot